Memperkokoh Peran Kanwil DJPb Dalam Mengawal APBN di Gorontalo

INDONESIASATU.CO.ID:

gorontalo - Dalam rangka memperkuat sinergitas institusi, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Gorontalo menyelenggarakan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Semester I Tahun 2018. Kegiatan yang berlangsung pada 21 – 22 April 2018 ini mengambil tagline “ Kerja Bersama Memperkokoh DJPb dalam Mengawal APBN di Provinsi Gorontalo ”. Rakorwil diikuti oleh seluruh pegawai Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo, KPPN Gorontalo, dan KPPN Marisa.

Dalam laporan ketua panitia rakorwil, Eko Wahyu Utomo, menjelaskan rangkaian kegiatan rapat koordinasi diawali dengan workshop Literasi Perbendaharaan yang bertempat di Aula Ambua, KPPN Gorontalo. Literasi Perbendaharaan sendiri merupakan bagian dari program quick win direktorat jenderal perbendaharaan dalam upaya menggelorakan pembangunan yang dibiayai APBN ke seluruh pelosok negeri. Materi yang disampaikan dalam workshop meliputi Infografis, Menulis di Media Massa, dan Kiat Menulis Buku dengan narasumber Anang Surya Musa, S.Kom (Makuta Creative), DR. M. Amir Arham (Universitas Negeri Gorontalo), dan Hasanuddin Djadin, SE (Pimred Gorontalo Pos). Dalam sambutan pembukaan acara, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo, Ismed Saputra, berpesan agar seluruh pegawai dapat berperan aktif dalam mewujudkan quick win  DJPb yaitu program Perbendaharaan Menulis dan Perbendaharaan go green

Beralih pada kegiatan selanjutnya, guna meningkatkan peran strategis di bidang perbendaharaan, rakorwil dilanjutkan dengan diskusi panel pemaparan materi internalisasi dan current issue tugas dan fungsi DJPb. Materi disampaikan oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo dan seluruh pejabat eselon III. Dalam kesempatan ini Kepala Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo menyampaikan bahwa optimalisasi teknologi informasi dan proses bisnis yang modern harus ditopang dengan SDM yang kompeten dan berintegritas. Terdapat beberapa hal baru yang disampaikan hasil Rapat Pimpinan Nasional di Jakarta yang disampaikan oleh Kepala KPPN Marisa, Abdul Yusuf, pentingnya pembentukan Forum Keuangan Negara (FKN) guna mendukung penegakkan hukum terkait penyediaan saksi ahli di bidang keuangan negara. Serta materi menarik yang disampaikan Kepala KPPN Gorontalo, Totok Suyanto, terkait pengelolaan keuangan keluarga. Pegawai DJPb tidak hanya  paham pengelolaan keuangan negara tapi juga harus ahli mengelola keuangan keluarga masing masing. 

Acara dilanjut malamnya dengan ramah tamah dan pemberian apresiasi atas capaian yang diperoleh kanwil DJPb dan jajaran KPPN. Serta dilanjutkan pada esok harinya di Danau Perintis untuk peringatan Hari Bumi.

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita